Alasan & Penyebab Wanita Lebih Mudah Marah

Alasan & Penyebab Wanita Lebih Mudah Marah

Bukan rahasia lagi kalau wanita pada umumnya adalah makhluk reaktif. Artinya mereka cepat memberi respon pada setiap kejadian yang dialami. Seperti contoh, seorang ibu melihat anaknya membuat berantakan isi rumah, otomatis si ibu akan langsung bereaksi marah dan mengomel. Contoh lain, ketika mendengar berita bahwa semua bahan kebutuhan pokok naik harganya berbondong-bondong ibu-ibu akan demo di jalanan.

Wanita cenderung mengikuti perasaan daripada mengolah perasaan dengan logika. Mungkin itulah ada seorang penulis dari barat yang menulis buku dengan judul “Men are from Mars, Woman are from Venus”.

Alasan & Penyebab Wanita Lebih Mudah Marah

Sikap reaktif ini cenderung mengarah pada sikap marah, kecewa atau mudah tersinggung. Berikut beberapa penyebab seorang wanita lebih mudah marah.

1. PMS 

PMS atau Premenstrual Syndrom adalah keadaan dimana seorang wanita berada dalam kondisi mendekati periode menstruasinya. Perasaan sensitif, depresi, melankolis, mudah tersinggung bahkan perasaan benci yang tidak tahu apa penyebabnya adalah akibat dari naik turunnya hormon estrogen dan progesteron.

Keadaan ini biasanya terjadi pada satu atau dua minggu menjelang periode menstruasi. Kondisi tubuh yang berubah, payudara nyeri, perut kram dan mood yang naik turun membuat hal ini bertambah buruk dan menyebabkan wanita lebih mudah marah. 

2. Jenuh

Berada dalam rutinitas sehari-hari dengan pekerjaan yang tidak pernah ada habisnya walaupun dikerjakan sampai lembur mebuat seseorang akan berada pada titik jenuh. Begitupun seorang wanita. Seorang ibu rumah tangga misalnya, mengerjakan pekerjaan rumah yang tidak ada habisnya, mengurus suami dan anak, bangun paling pagi untuk menyiapkan segala keperluan keluarga dan hal tersebut dilakukan setiap hari secara rutin tanpa mempunyai waktu “me time” akan membuat ibu berada dalam kebosanan dan kejenuhan yang teramat sangat.

Hal ini memicu sikap sensitive yang menjadikan wanita menjadi mudah marah.

3. Lelah

Seorang ibu rumah tangga yang setiap hari mengurusi keperluan anak dan suami dari pagi sampai malam ataupun wanita karir yang bekerja lembur di akhir bulan atau masa tutup buku akan terkuras energinya untuk menyelesaikan pekerjaan yang sudah menjadi tanggung jawabnya.

Perasaan letih, lelah tetapi sulit untuk beristirahat atau sekedar refreshing sebentar sangat bisa membuat mood menjadi down sehingga emosi akan mudah meletup apabila ada kejadian yang membuat kesal.

4. Kurang perhatian dari pasangan

Pasangan cuek? Wah bahaya. Sudah merasa lelah dan jenuh tapi mendapati pasangan cuek dan tidak perhatian akan memperburuk kondisi jiwa seorang wanita. Ketika ingin disayang, ingin diperhatikan dan butuh tempat untuk mencurahkan isi hati namun hal itu tidak bisa dilakukan maka timbullah perasaan kecewa, sedih sehingga makin sensitif dan menjadi mudah marah.


5. Banyak masalah yang dipikirkan

Pada masa sekarang ini banyak wanita yang bukan hanya berperan sebagai ibu rumah tangga yang hanya bertanggungjawab mengurusi rumah. Banyak dari mereka yang juga menjadi tulang punggung keluarga atau terpaksa mencari pekerjaan demi membantu keuangan keluarga dikarenakan penghasilan suami kurang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Peran ganda ini menyebabkan tekanan pada diri wanita, belum lagi masalah lingkungan, masalah anak, masalah dengan suami, masalah pekerjaan di kantor, masalah dengan tetangga, masalah dengan mertua dan seabrek masalah lagi yang menyebabkan wanita tertekan dan lebih mudah dikuasai emosi sehingga lebih mudah marah.

Apakah pemicu wanita lebih mudah marah tidak ada solusinya? Tentu ada. Wahai wanita carilah sumber kebahagiaan yang positif, walaupun sebentar buatlah me time untuk diri anda sendiri meskipun hanya sekedar menikmati secangkir kopi di sore hari sambil menikmati setiap tegukannya. 

Konsumsi makanan sehat dan bergizi untuk menyeimbangkan hormon sehingga saat PMS datang mood akan terjaga. Jalinlah komunikasi yang baik dengan keluarga dan lingkungan. Katakanlah dengan terus terang bahwa anda butuh dukungan ketika merasa mood sedang down. Lakukan rekreasi kecil dengan keluarga, makan bersama diluar akan terasa menyenangkan dan dapat mengembalikan mood dengan baik. Semangat ya!
Dunia Wanita

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense

Belum ada Komentar untuk "Alasan & Penyebab Wanita Lebih Mudah Marah"

Posting Komentar

Catatan Untuk Para Jejaker
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel